TechnoUpdate News

Teknologi Glasses VTO Permudah Belanja Kacamata Online Lebih Realistis dan Cepat

Perfect Corp. menghadirkan pembaruan besar pada teknologi Glasses Virtual Try-On (VTO) yang memungkinkan konsumen mencoba ribuan model kacamata secara virtual dengan hasil tampilan realistis dan cepat.

Sebagai negara tropis dengan tingkat paparan sinar matahari tinggi sepanjang tahun, kacamata telah menjadi kebutuhan penting bagi masyarakat Indonesia. Tak hanya berfungsi untuk koreksi penglihatan, kacamata juga menjadi bagian dari gaya hidup sekaligus pelindung mata dari sinar UV. Namun, memilih kacamata yang tepat sering menjadi tantangan, terutama bagi konsumen yang berbelanja secara online. Tanpa kesempatan untuk mencoba langsung, banyak konsumen ragu menentukan model dan ukuran bingkai yang sesuai dengan bentuk wajah mereka.

Di tengah pesatnya pertumbuhan e-commerce dan digitalisasi ritel di Indonesia, adopsi teknologi Virtual Try-On (VTO) di sektor optik justru masih terbatas. Padahal, VTO telah terbukti menjadi solusi inovatif yang membantu konsumen mencoba berbagai model kacamata secara virtual dengan presisi tinggi, tanpa perlu mengunjungi toko fisik.

Salah satu kendala utama bagi brand adalah proses digitalisasi katalog produk yang rumit dan memakan waktu. Setiap produk kacamata memerlukan unggahan gambar detail untuk diaktifkan dalam sistem VTO, sehingga memperlambat penerapan inovasi digital di sektor ini.

Menjawab tantangan tersebut, pemimpin global teknologi AI dan AR di industri fashion dan kecantikan, memperkenalkan pembaruan besar pada layanan Glasses Virtual Try-On. Inovasi ini menghadirkan Glasses SKU Library, sebuah perpustakaan produk digital in-platform berisi lebih dari 13.000 model kacamata pre-digitized siap pakai.

Langkah ini menjadi terobosan yang mempercepat digitalisasi produk dan proses penjualan ke pasar. Sebelumnya, brand perlu menyiapkan tiga gambar terpisah untuk setiap model kacamata. Kini, dengan adanya Glasses SKU Library, alur kerja tersebut menjadi jauh lebih sederhana dan efisien.

Read More  Pemerintah Tetapkan Cikande Daerah Terpapar Radioaktif Cs-137, Apa Artinya bagi Warga?

Melalui antarmuka yang intuitif, retailer dapat langsung memilih model dari katalog yang tersedia serta mencari berdasarkan brand atau kategori produk. Dengan begitu, waktu dan sumber daya yang biasanya terserap dalam proses digitalisasi dapat dialihkan untuk memperkuat strategi penjualan dan pelayanan pelanggan.

Bagi konsumen di Indonesia, pembaruan ini menjanjikan pengalaman belanja yang lebih mudah, cepat, dan meyakinkan. Koleksi ribuan produk pre-digitized terus diperbarui dengan model terbaru dari berbagai merek ternama. Pengalaman virtual yang realistis juga meningkatkan keyakinan konsumen sebelum membeli, sekaligus menekan angka pengembalian produk.

Alice Chang, Founder dan CEO perusahaan pengembang teknologi tersebut, menegaskan bahwa inovasi ini akan membawa dampak besar bagi sektor ritel.

“Misi kami adalah menyediakan solusi paling inovatif dan efisien untuk membantu mitra brand sukses di era digital,” ujarnya.

Ia menambahkan,

“Perpustakaan produk baru ini menyederhanakan proses onboarding dan memungkinkan brand meluncurkan pengalaman Glasses VTO dengan lebih cepat serta upaya yang jauh lebih sedikit. Kami berkomitmen terus meningkatkan platform kami agar memberikan nilai tinggi dan pengalaman tanpa hambatan bagi konsumen.”

Inovasi ini menegaskan komitmen untuk menjembatani kesenjangan antara pengalaman belanja online dan fisik, sekaligus memberdayakan brand optik di Indonesia agar mampu memberikan pengalaman pelanggan yang lebih cerdas, efisien, dan menguntungkan.

Back to top button